jika suku bunga deposito tinggi

Pengertian Suku Bunga Deposito, Sudahkah Anda Mengetahuinya?

Anda tentunya sering mendengar kata suku bunga deposito, terutama jika membicarakan masalah tabungan dan bank.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui arti dan pengertian dari suku bunga deposito. Kali ini, Kita akan bahas pengertian dari suku bunga deposito untuk Anda yang belum memahaminya.

Arti Suku Bunga Deposito

Suku bunga deposito merupakan nilai yang  diberikan pihak bank ke nasabah sebagai imbalan karena nasabah telah menyimpan uang di bank.

Uang yang disimpan di bank itu suatu saat akan dikembalikan kepada nasabah setelah beberapa waktu yang telah disepakati.

Umumnya suku bunga yang berlaku di bank adalah 3 sampai 6 %, tergantung dari berapa lamanya deposito yang diambil oleh pihak nasabah.

Hal-Hal yang Penting Berkaitan dengan Deposito

Setelah pengertian, kali ini Kita akan bahas beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum menyimpan deposito di bank.

  • Waktu Deposito

Sebelum memutuskan untuk menyimpan uang Anda di dalam deposito, sebaiknya putuskan dulu jangka waktu penyimpanan. Sebaiknya jangan terlalu lama dan jangan terlalu sebentar.

  • Bank yang Akan Dijadikan Tempat Penyimpanan Deposito

Anda perlu mencari informasi terlebih dulu tentang bank yang akan dijadikan tempat untuk menyimpan uang yang akan didepositokan.

Misalnya, berapa lama jangka waktu deposito yang ditawarkan dari tiap bank dan apa saja persyaratan yang dibutuhkan.

Cara Menghitung Suku Bunga Deposito

Beberapa dari Anda mungkin akan penasaran tentang bagaimana cara menghitung suku bunga deposito. Cara menghitung suku bunga deposito memang tidak bisa dibilang sederhana tetapi cukup penting untuk Anda ketahui. Berikut cara menghitungnya.

Dasarnya, cara untuk menghitung suku bunga deposito adalah rumus bunga deposito = bunga x dana pokok deposito x 30 hari x 80%  / 365.

30 maksudnya adalah hitungan hari dalam waktu satu bulan, sementara 80 merupakan pajak deposito sementara 365 merupakan jumlah hari dalam waktu satu tahun.

Besarnya Bunga Deposito

Setelah tahu mengenai cara hitungnya, Anda tentunya ingin tahu besarnya suku bunga deposito dari bank-bank yang ada di Indonesia.

Jumlahnya sendiri sebenarnya cukup beragam dimana ada bank yang memberikan bunga deposito sebesar  2,85 % untuk jumlah uang simpanan sebesar delapan juta rupiah hingga seratus milyar Rupiah.

Tetapi ada juga bank yang memberikan bunga deposito sebesar 3,25 % untuk jumlah simpanan sebesar sepuluh juta rupiah hingga yang nominalnya lebih dari 2 milyar rupiah.

Anda juga bisa menemukan bank yang memberikan bunga deposito sebesar 3 % dan 3.25 % untuk dana dengan jumlah paling sedikitnya seratus juta rupiah.

Itulah sekilas informasi tentang suku bunga deposito, Anda hanya perlu memilih mana suku bunga deposito yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.