ilustrasi rangka baja

Pahami, 5 Jenis Baja Ringan Sesuai Kegunaannya

Rangka baja terbaik adalah bahan material yang paling populer digunakan saat ini untuk rangka atap. Pasalnya dianggap jauh lebih murah dan bobot ringan. Namun kualitasnya sangat terjamin. Namun pastikan untuk anda menggunakan jenis baja ringan yang sesuai dengan kegunaannya. Berikut beberapa jenis rangka baja ringan yang sesuai dengan kegunaannya. 

Baja Ringan Kaso

Rangka baja kaso atau biasanya disebut dengan trus adalah salah satu rangka baja terbaik yang bisa digunakan menjadi kaki utama untuk konstruksi banguanan dan difungsikan sebagai kuda – kuda. Jenis baja ini sebenarnya menjadi dua jenis profil yakni profil C dan W. Kedua jenis profil ini sebenarnya bisa dibedakan dari segi ukurannya. Untuk profil C lebih kecil dibandingkan W. 

Selain itu, penggunaan rangka baja ini juga bisa digunakan sebagai tiang konstruksi yang tidak memiliki beban yang berat misalnya kanopi. 

Baja ringan Reng

Untuk rangka baja reng memiliki perbedaan yang sangat jelas, pasalnya baja reng ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf dan memiliki bentuk trapesium. Dan rangka baja reng ini biasanya digunakan untuk bagian atap bangunan saat meletakkan genteng. Biasanya masyarakat secara umum menyebut jika baja rangka reng ini adalah profil B. 

Sebelum ada rangka baja terbaik, reng biasanya digunakan dengan bahan bambu. Namun dalam proses pembuatannya yang cukup lama dan harus ada serangkaian proses lain sehingga bahannya awet, maka range dari rangka baja menjadi pilihan. Penggunaan baja sebagai bahan dasar pembuatan reng menjadi salah satu terobosan inovatif karena baja jauh lebih tahan lama dengan kondisi cuaca yang ada di Indonesia. Dan keunggulan lain dari penggunakan jenis reng adalah memberikan kesan modern pada tampilan bangunan. 

Baja Ringan Taso

Baja ringan taso adalah salah satu jenis rangka baja dengan huruf A, baja ringan yang jika dilihat dari luar seperti balok kecil yang memiliki fungsi untuk mengikat baja ringan reng. Semakin tipis dari ukuran baja ringan taso, maka akan semakin bagus terlihat tampilan bangunan. Penggunaan baja ringan taso sendiri memang sangat wajib jika Anda ingin menyusun rangka atap baju yang cukup kokoh. 

Pada dasarnya, selain memiliki bentuk A, sebenarnya rangka baja taso juga memiliki bentuk balok yang berongga. Baja ringan ini disebut sebagai baja ringan hollow. Dan hollow sendiri biasanya digunakan untuk memasang plafon. Dan umumnya, jenis ini banyak digunakan dengan lapisan aluminium dan Zinc sehingga sering disebut sebagai Hollow Galvalum, Gypsum dan Plafon sesuai dengan fungsinya. 

Selain untuk mempercantik desain bangunan, penggunaan rangka baja terbaik ini seringkali digunakan untuk mengikat tiang utama atau kuda – kuda. Dimana kegunaannya adalah untuk bisa menguatkan gording sehingga peletakan permukaan atap bangunan akan menjadi lebih baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.